Minggu, 26 Februari 2023

Apa itu Video Company Profile dan Manfaatnya

Video company profile adalah sebuah bagian terpenting dari setiap perusahaan yang berdiri dari jaman dulu maupun di era modern. Dengan langkah kecil ini, Anda bisa meningkatkan brand engagement kepada masyarakat sekaligus membuat profil yang bisa diberikan kepada klien maupun calon konsumen.

Apa itu Video Company Profile dan Manfaatnya

Mengingat kita hidup di masa dimana informasi bertebaran dimana-mana, ratusan video dilihat di media sosial setiap hari, dan ribuan berita dilihat di genggaman tangan, tentunya bukanlah hal yang mudah untuk menanamkan nama perusahaan dari perusahaan Anda ke otak masyarakat dengan cara konvensional.

Bahkan hal yang penting saja, seperti tanggal ulang tahun teman atau barang yang harus dibeli hari ini, bisa dilupakan karena saking banyaknya konten yang masuk ke otak kita dalam waktu dekat.

Itulah mengapa, company profile harus mulai berubah dari visual statis ke visual dinamis seperti video.



Apa itu Video Company Profile?

Sebelum membahas bagaimana cara membuat company profile dalam bentuk video, tentunya kita perlu tahu dulu apa itu video company profile.

Pada dasarnya, video company profile adalah sebuah profil perusahaan namun dalam bentuk video. sebelum dibuat dalam bentuk video, profil perusahaan biasanya hanya dibuat dalam bentuk brosur, halaman landing page, buku kecil, atau media visual statis lainnya.

Profil dalam media visual statis tersebut cenderung membosankan dan mudah dilupakan oleh para audiens dan orang-orang yang melihatnya. Sehingga sulit untuk membuat sebuah perkenalan yang unik dan membekas di memori para pembaca.

Berdasarkan riset yang ditulis dalam situs Loop Science, menjelaskan sesuatu dalam media visual dinamis jauh lebih efektif dibandingkan menggunakan visual statis. Selain lebih menarik, pesan dalam visual dinamis juga lebih mudah tersampaikan karena penonton akan melihat video sampai selesai tanpa melewati bagian apapun. Berbeda dengan visual statis yang mana pembaca bisa melewati bagian yang menurut mereka tidak menarik.

Hasil riset tersebut juga bisa diaplikasikan ketika membahas pembuatan company profile. Karena fungsi company profile yang utama adalah menjelaskan semua hal tentang perusahaan tersebut dengan singkat dan jelas.

Sebuah company profile harus menjelaskan siapa mereka, apa tujuan mereka, apa produk dan jasa yang mereka, apa keunggulan mereka dari perusahaan kompetitor, dan lain sebagainya. Dengan begitu, penonton bisa mengetahui mengapa mereka harus pilih brand Anda dibandingkan perusahaan lain yang menawarkan produk serupa.

Kesimpulannya, video company profile adalah sebuah sinopsis yang menjelaskan perusahaa Anda secara keseluruhan kepada calon konsumen.

Pembuatan video untuk profil ini bisa dilakukan dalam berbagai style, mulai dari animasi, interview, slideshow, dan style lainnya. Yang penting, video tersebut harus bisa mengambil perhatian para penonton di 5 detik pertama agar ingin menoton hingga selesai.



Apa Saja Manfaat Video Company Profile?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, profil perusahaan dalam bentuk apapun akan menjadi wajah pertama yang dilihat oleh konsumen, klien, maupun orang lain di luar bagian brand tersebut. Sehingga, sebuah video perkenalan perusahaan harus dibuat sebaik mungkin dengan kualitas yang tidak asal-asalan.

Jika dijelaskan dengan lebih spesifik, video company profile juga memiliki beberapa fungsi lain, seperti:

1. Untuk Menjelaskan Siapa Anda dan Apa yang Brand Anda Sajikan

Sebelum menggunakan produk tertentu atau menggunakan jasa dari perusahaan tertentu, konsumen pastinya ingin tahu siapa yang akan mereka panggil atau produknya mereka gunakan. Membeli produk dan jasa tanpa tahu latar belakang brand-nya akan terasa seperti membeli kucing dalam karung.

Oleh karena itu, konsumen akan menjadi perkenalan singkat dari brand yang akan mereka beli. Disitulah video company profile dari perusahaan Anda dibutuhkan.

Dengan memiliki video profile yang bagus, sebuah brand bisa menjelaskan siapa mereka, apa yang mereka sajikan, dan apa manfaatnya untuk kehidupan masyarakat dalam durasi video di bawah 15 menit. Dengan begitu semua pertanyaan yang ada di dalam pikiran calon konsumen tentang brand Anda bisa langsung terjawab.

Baca Juga : Jasa Video Company Profile

2. Sebagai Media Untuk Menceritakan Kisah dari Brand Anda

Membangun hubungan dan rasa empati dari konsumen masih menjadi cara menarik perhatian konsumen yang paling efektif. Dengan menceritakan sedikit kisah dari brand Anda, konsumen akan merasa memiliki hubungan yang dekat dengan brand tersebut.

Kisah yang dituliskan dalan video company profile tentunya harus dibuat dengan jujur dan tidak mengada-ada untuk memancing rasa iba.

Sebab yang kita inginkan adalah konsumen yang datang membeli karena merasa seperti teman ketika mendengar cerita dari perusahaantersebut, bukan konsumen yang datang karena kasihan setelah mendengar kisah brand Anda. Hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen terhadap perusahaan.

3. Menarik Perhatian SDM Berkualitas untuk Membantu Perkembangan Brand

Profile dari sebuah perusahaan tidak selalu untuk klien dan konsumen saja. Dengan membuat video perkenalan dari perusahaan yang menarik, Anda juga bisa menarik perhatian sumber daya manusia yang berkualitas dan bisa membantu perkembangan perusahaan tersebut.

Sebab dalam dunia bisnis, apalagi di Indonesia, kita bukan hanya bersaing memperebutkan konsumen saja. Sumber daya manusia berkualitas juga menjadi rebutan para perusahaan besar karena jumlahnya sangat sedikit.

Sebagai SDM yang berkualitas, tentunya mereka akan mempertimbangan tawaran dari brand atau perusahaan sebelum memutuskan join salah satunya. Di sinilah video company profile dari perusahaan Anda kembali dibutuhkan.

Dengan membuat company profile yang memiliki visi, misi, dan tujuan dengan jelas, perusahaan Anda bisa meyakinkan SDM berkualitas tersebut untuk ikut gabung menjadi bagian yang bisa membantu banyak orang.

4. Untuk Meningkatkan Brand Awareness

Yang terakhir, company profile sangat dibutuhkan untuk meningkatkan brand awareness. Dan karena dibuat dalam bentuk video, Anda bisa menayangkannya di lebih banyak tempat dan platform baik online seperti media sosial dan Youtube, maupun konvensional seperti baliho.

Dikutip dari Wikipedia, brand awareness adalah sebuah situasi dimana masyarakat bisa mengingat produk dari perusahaan Anda ketika sedang melihat atau memerlukan sesuatu.

Sebagai contoh perusahaan Anda memproduksi pasta gigi dan memajang video profile perusahaan di dekat supermarket. Jika brand awareness masyarakat terhadap brand Anda itu tinggi, maka mereka yang sedang ingin beli pasta gigi secara otomatis akan membeli produk yang Anda sediakan.

Baca juga: Jasa Branding Company Profesional



Apa Saja yang Harus Ada dalam Pembuatan Video Company Profile?

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa profile perusahaan, baik dalam bentuk video maupun visual statis, digunakan sebagai perkenalan perusahaan Anda kepada masyarakat. Oleh karena itu, konten dalam video ini harus berisi informasi untuk menjawab semua pertanyaan masyarakat mengenai perusahaan tersebut.

Ada beberapa pendapat mengenai apa saja yang harus ada dalam profile perusahaan. Namun yang pasti, company profile yang bagus harus bisa menjawab semua pertanyaan paling dasar, seperti:

  1. Siapa Anda?
  2. Layanan apayang Anda sediakan?
  3. Apa tujuan Anda?
  4. Mengapa masyarakat harus memilih Anda?

Ke-4 pertanyaan tersebutlah yang menentukan apakah penonton tertarik terhadap brand tersebut atau tidak. 

Selain itu, video company profile juga harus memiliki pembukaan yang menarik. Karena walaupun hanya berdurasi paling lama 5 menit, masyarakat tidak akan mau membuang waktunya untuk hal yang menurut mereka tidak menarik.

Lalu bagaimana cara membuat company profile yang bisa menarik perhatian masyarakat?

Berdasarkan situs The Freshink, efektif atau tidaknya video profile perusahaan Anda ditentukan dalam 5 detik pertama. Jika dalam 5 detik tersebut penonton tidak menganggapnya menarik, maka mereka akan pergi dan semua usaha, budget, serta waktu yang diberikan untuk membuat video tersebut jadi sia-sia.

Oleh karena itu, 5 detik pertama dalam video harus menegaskan apa masalah yang dimiliki oleh masyarakat dan Anda punya solusinya. Itulah salah satu contoh pembukaan yang kuat dalam sebuah company profile.

___

Jasa Video Company Profile :

Bagaimana Cara Pembuatan Video Company Profile?

Membuat company profile bukan hanya membutuhkan banyak research atau riset, namun juga banyak resource alias sumber daya dan bahan-bahan. Jika hanya memiliki resource yang terbatas, tidak banyak informasi yang diberikan kepada penonton. Sedangkan bila tidak melakukan riset dulu, bisa-bisa video tersebut tidak sampai ke pasar yang potensial.

Buatlah video yang straight to the point tanpa banyak basa-basi di awal video. Karena hal tersebut akan membuat video jadi tidak menarik di masa penonton. 

Gunakanlah alat-alat profesional ketika tahap produksi. Mulai dari mencari data researcher yang profesional, kameramen dan videographer ahli, dan lain sebagainya. Jangan biarkan budget untuk pembuatan company profil jadi sia-sia karena menggunakan sumber daya manusia yang masih meraba-raba.

Jika Anda ingin membuat video dalam bentuk animasi, tentu saja cari layanan atau studio animasi yang profesional dan berkualitas seperti Superpixel Animation Studio. Dengan begitu pesan dari company profile tersebut bisa tersampaikan kepada penoton dengan jelas.

Baca Juga : Jasa Video liputan Profesional

Penutup

Melihat pentingnya peran video company profile untuk sebuah brand, banyak perusahaan di Indonesia yang langsung menyerahkan proses produksi video ini ke tangan profesional. Sebab profil perusahaan bukanlah hal yang bisa dibuat oleh sembarang orang.

Previous Post
Next Post

Terima kasih sudah mengunjungi Blog Pratama Product. Kami adalah Production House yang berdiri sejak tahun 2008. kami dibantu oleh Tim profesional, Equipment terupdate, Editing Cinematic, Post Produksi Color Grading berkelas dan service terbaik.

0 comments: