Company profile atau profil perusahaan adalah informasi dasar lengkap mengenai suatu perusahaan. Informasi perusahaan dikemas dengan menarik supaya dilirik oleh investor dan customer.
Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai company profile. Mulai dari pengertian, hal apa saja yang harus ada di dalamnya, manfaat, hingga contoh company profile yang bisa dijadikan referensi. Simak ulasan berikut ini.
Apa Itu Company Profile?
Company profile atau diterjemahkan sebagai profil perusahaan adalah pengenalan akan berbagai informasi dari suatu perusahaan, meliputi visi, misi, tujuan, dan sejarah perusahaan tersebut.
Umumnya company profile berisi narasi tentang bagaimana perusahaan tersebut berdiri, alasan perusahaan itu berdiri, dan perkenalan anggota-anggota tim yang penting dalam perusahaan.
Company profile biasanya dibuat dengan dua tujuan utama. Yakni untuk menarik minat investor dalam hal pendanaan dan untuk terhubung dengan konsumen atau customer. Manfaat selengkapnya akan dibahas pada bagian berikutnya.
Baca : Manfaat Video Company profile
Manfaat Company Profile
Dilansir HubSpot, company profile dibuat dengan dua tujuan utama yang sudah disebutkan di atas. Selain kedua manfaat itu, masih ada manfaat lainnya sebagai berikut.
1. Membedakan Brand Perusahaan dengan Brand Lain
Company profile dapat membuat brand perusahaan kita terlihat berbeda dengan perusahaan lain dalam bidang yang sama. Singkatnya, company profile membuat suatu perusahaan terlihat unik. Keunikan dan perbedaan itu akan membuat perusahaan kita mudah dikenali oleh investor maupun konsumen di tengah persaingan dengan perusahaan lain.
2. Membangun Reputasi Positif Perusahaan
Company profile juga dapat membangun serta meningkatkan citra atau reputasi perusahaan menjadi lebih positif. Reputasi penting untuk memberikan keyakinan pada investor agar mau mendanai usaha kita, serta konsumen percaya ketika menggunakan produk/jasa perusahaan kita.
---
3. Memungkinkan Nilai atau Harga yang Lebih Tinggi
Adanya company profile dapat menguntungkan perusahaan karena memungkinkan perusahaan menawarkan barang/jasa dengan nilai atau harga yang lebih tinggi. Dengan company profile, konsumen dan investor dapat mengetahui apa keunggulan perusahaan tersebut sehingga lebih baik daripada perusahaan lain yang sejenis.
Secara tidak langsung, kita sebagai pihak perusahaan bisa melakukan penawaran harga yang lebih baik.
Hal yang Harus Ada dalam Company Profile
Setelah memahami manfaatnya, sekarang waktunya kita menyusun company profile. Simak hal-hal yang harus ada dalam company profile.
1. Detail Bisnis
Hal pertama yang wajib ada dalam company profile adalah detail tentang bisnis itu sendiri. Detail ini mencakup:
- Nama perusahaan
- Alamat lokasi perusahaan
- Nomor telepon dan fax
- Alamat situs web
Hal-hal ini penting agar investor, customer, atau calon konsumen mengetahui ke mana harus menghubungi perusahaan.
Baca : Perlunya bekerjasama dengan Agency Branding Company Profile
2. Informasi Dasar Perusahaan
Hal selanjutnya yang wajib ada dalam company profile adalah informasi dasar perusahaan. Suatu perusahaan tentunya memiliki banyak informasi, tetapi masukkan informasi-informasi yang relevan saja dan perlu diketahui publik. Informasi dasar ini meliputi:
- Deskripsi perusahaan
- Visi dan misi perusahaan
- Deskripsi produk atau layanan yang ditawarkan
- Sejarah, perkembangan, dan pertumbuhan perusahaan
- Relasi dengan publik
- Advertising
- Informasi tentang bidang industri
- Kebijakan terkait kesehatan, keamanan, dan lingkungan perusahaan
- Detail tim inti
- Portofolio klien
Informasi-informasi dasar ini penting untuk memberi gambaran lebih luas bagaimana perusahaan kita beroperasi kepada calon investor atau customer, supaya mereka lebih yakin dan percaya untuk mendanai perusahaan kita atau menggunakan produk dan layanan perusahaan.
Jasa Pembuatan Video Company Profile : Surabaya, Malang, Semarang, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Klaten, Rembang, Sukoharjo, Blitar, Jember, Mojokerto, Kubu Raya, Kapuas Hulu, Banjarmasin, Melawi.
3. Highlights
Hampir sama seperti informasi dasar, highlights juga mencakup detail-detail yang perlu diketahui investor dan konsumen tentang perusahaan kita. Namun, bagian ini lebih spesifik yang meliputi:
- Penghargaan yang diperoleh perusahaan
- Sertifikasi yang diperoleh perusahaan
- Proyek dan program khusus
- Testimoni pihak ketiga
- Publikasi di media massa
Highlights ini membuktikan kepada investor dan konsumen bahwa perusahaan kita telah memiliki reputasi yang baik dan diperhitungkan dalam bidang yang dijalani.
4. Item Opsional
Meskipun namanya opsional, tetapi bagian ini juga perlu ada dalam company profile. Bisa pilih sebagian atau masukkan semuanya. Bagian item opsional ini meliputi informasi tentang:
- Sales tahunan
- Target finansial
- Jumlah karyawan
- Partner
- Foto-foto
Ini memberikan gambaran bagi investor dan konsumen seberapa besar perusahaan kita dan target apa yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu.
______________
Contoh Company Profile | Pratama Product
Pratama Product : Video Company Profile, Video Safety Induction, Agency Branding Company, Video Liputan, Video Musik
0 comments: